Adat Khanduri Blang Jelang Turun ke Sawah 11 Oktober 2018

 BLANGTUNONG.DESA.ID/ Sebagian besar masyarakat di Aceh, khususnya di pedesaan masih mempertahankan sejumlah adat istiadat yang sudah berlaku secara turun temurun. Seperti halnya, masyarakat Gampong Blang Tunong, Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Kabupaten Pidie, yang menggelar khanduri blang.

Adat Khanduri Blang Jelang Turun ke Sawah 11 Oktober 2018

Adat turun ke sawah ini merupakan tradisi bagi petani yang akan memulai menanam padi. Prosesi khanduri biasanya dimuali dengan tepung tawar bibit yang akan di semai.  Setelah itu diikuti dengan makan bersama serta tidak lupa yang pokok yaitu berdoa bersama.  Hal ini dilakukan biasanya di suatu tempat, seperti meunasah (surau) di gampong tersebut.

Sementara itu, masyarakat Blang Tunong, menggelar khanduri blang dilakuakn hampir setiap hendak turun ke sawah. Seperti yang dilakukan hari Kamis (11/10/2018) di meunasah setempat. Khanduri blang itu sendiri diikuti dengan makan bersama dengan hidangan sejumlah makanan, dengan lauk dari ikan dan daging. Serta tidak lupa setelah itu menggelar doa bersama untuk kemakmuran bersama.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai